Senin, 09 November 2009

Forum Bahasa Jawa

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa unik di dunia, karena memiliki beberapa keistimewaan jika di teliti lebih cermat. 2 hal yang sangat unik adalah :
  1. Bahasa Jawa memiliki hirarki unik pada kata kerja (verb)-nya, kata benda (noun)-nya, atau bahkan pada kata sifat (adverb)-nya. Satu kata dasar dalam Bahasa Jawa dapat bermetamorfosis lebih dari 3 kata dasar baru dengan hirarki sesuai penggunaannya. Artinya kekayaan kosakata yang dimiliki Bahasa Jawa adalah sangat luar biasa kaya (kamusnya mungkin jika ditulis secara lengkap akan menjadi kamus yang luar biasa pula).
  2. Bahasa Jawa selain memiliki kosakata yang luar biasa, Bahasa Jawa juga memiliki huruf sendiri yakni Huruf Jawa ( Hanacaraka=dibaca honocoroko). Artinya sebenarnya jika kita sadari sebagai orang Indonesia umumnya dan orang Jawa khususnya, bahwa ke-2 hal tersebut yaitu keunikan Bahasa Jawa adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia bahkan dunia yang layak kita lestarikan bahkan mungkin bisa dihidupkan kembali setelah bertahun-tahun mati terlindas globalisasi budaya.
Melalui blog inilah saya secara pribadi mengajak seluruh orang Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika untuk mulai menyadari kekayaan budaya yang dimiliki bangsa kita Indonesia ini sesungguhnya.

Salam, Yekti Eriani

2 komentar:

Tindakan Aksi Nyata Modul 3.1.a.10

  Tindakan Aksi Nyata Modul 3.1.a.10 Pengambil Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran             Yekti Eriani, S.Pd CGP Angkatan 4...