Jumat, 17 Mei 2019

Bahasa Jawa

Di jaman yang seperti ini kita tidak heran bahwa generasi muda sudah enggan atau bahkan tidak mau tahu dengan bahasa daerah mereka. Di sini saya sebagai guru khususnya bahasa Jawa selalu tidak bosan untuk selalu memberi motivasi kepada siswa-siswi saya untuk selalu ingat, menghargai dan menggunakan bahasa Jawa. Jangan pernah malu atau gengsi bila kamu menggunakan bahasa Jawa. Jangan pernah kamu melupakan bahasa Jawa karena bahasa Jawa merupakan salah-satu yang bisa membentuk karakter generasi bangsa.
Mahirlah kamu berbahasa Inggris, Bisa berbahasa Indonesia dan janganlah kamu melupakan bahasa Jawa. Itu yang selalu saya sampaikan kepada siswa-siswi saya agar mereka tetap mau untuk berbahasa Jawa.
Generasi muda indonesia ayo kita selalu bangga dan menunjukkan kepada bangsa lain bahwa kita mempunyai kekayaan yang tiada tara. Salah satunya berupa bahasa Jawa mari kita lestarikan, kita gunakan, kita kembangkan.
Saya membutuhkan dukungan kepada semua pihak untuk mengembangkan Basaha Jawa tersebut. Karena tidaklah mungkin saya bisa mewujudkan bila tanpa ada yang peduli kepada bahasa Jawa. Untuk sementara ini saya hanya bisa mengembangkan lewat tulisan ini dan lewat siswa-siswi saya. Alhamdulillah siswa-siswi saya sangat antusias saat saya beri pengertian bahwa betapa pentingnya bahasa Jawa sebagai jati diri bangsa kita.
Awal anak-anak sangat tidak menyukai bahasa Jawa tapi sekarang anak-anak sangat gemes dan menyukai bahasa Jawa karena saya menginginkan anak-anak selalu menggunkan bahasa Jawa saat berbicara dengan saya, hal itulah yang membuat anak-anak gemes dan selalu mencoba untuk berbicara berbahasa Jawa.

Terimakasih kepada : SMPN 3 KRIAN, siswa-siswi dan semua pihak yang masih peduli dengan bahasa Jawa.


Salam YEKTI ERIANI

Matur Nuwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tindakan Aksi Nyata Modul 3.1.a.10

  Tindakan Aksi Nyata Modul 3.1.a.10 Pengambil Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran             Yekti Eriani, S.Pd CGP Angkatan 4...